Monday, April 15, 2013

Misteri Orang Pendek Di Pegunungan Sumatera


Indonesia adalah negara yang beribu macam budaya,bahasa dan suku bangsa dan ini pulalah yang membuat indonesia kaya akan cerita rakyat yang kadang tidak masuk akal tapi menurut tetua dan sesepuh dari suatu daerah benar adanya, sebut saja cerita rakyat sangkuriang dari jawa barat, malin kundang dari sumbar dll. kali ini kita akan membahas cerita dari pegunungan sumatera dan cerita ini merupakan misteri karena belum terpecahkan sampai sekarang. cerita orang pendek dari sumatera telah menjadi isu dunia ketika akhir 80-an para peneliti dari yayasan konservasi alam yang bermarkas di amerika serikat melakukan penelitian tentang orang pendek di sekitar gunung kerinci(Riau) konon menurut cerita orang pendek ini pernah muncul di  
sekitar lereng gunung kerinci,taman nasional sei kambas(palembang) dan di hutan-hutan bengkulu, selain di tiga tempat di atas orang pendek juga pernah muncul disekitar bukit barisan yang memanjang dari aceh hingga berbatasan dengan sumatera barat. sehingga menurut para peneliti orang pendek berdiam di hutan-hutan sumatera, hanya saja keberadaan orang pendek tersebut sering muncul di daerah riau dan palembang.
Antara orang pendek dengan orang burok


baru-baru ini heboh kemunculan orang pendek di taman nasional sei kambas oleh polisi hutan. namun cerita ini belum  jelas kebenarannya karena tidak ada bukti kongkrit yang mendukungnya.
sebenarnya cerita orang pendek ini sudah lama berkembanng di kalangan penduduk sumatera khusunya pesisir timur. namun ada hal yang menarik yang ingin penulis sampaikan tentanng orang pendek ini. cerita yang berkembang di daerah sumatera utara khususnya daerah tapanuli atau lebih tepatnya daerah mandailing natal di kecamatan hutabargot orang pendek menurut orang riau,jambi dan palembang tapi di hutabargot di sebut orang burok. orang burok dalam artian bukan orang yang tinggal di hutan seperti orang pendek tapi orang yang di buat penampilannya mirip orang utan tapi seluruhn tubuhnya di balut dengan dedaunan liar dan di buatkan topeng dari pelepah bambu atau pelepah batang pisang(lihat gambar di atas) ini juga tak kalah seram dan menakutkan di bandingkan orang pendek riau. orang burok bagi masyarakat hutabargot adalah semacam permainan rakyat yang berkembang antara tahun 1930 sampai sekarang. nah apa jadinya kalau orang burok dan orang pendek riau dipertemukan mungkin sama-sama ketakutan.orang burok biasanya di buat diwaktu-waktu liburan anak sekolah atau pada hari raya idul fitri untuk menjadi tontonan bagi masyarakat, dan orang yang di buatkan menjadi oranng burok harus dirahasiakan karena menurut peraturan permainan ini tidak boleh orang lain tahu kalau orang burok itu misalnya si Aatau si B selain dari orang-orang yang membuatkan. tentu orang burok sangat jauh berbeda dengan orang pendek yang diberitakan di televisi dan media cetak dan on lain yang belakanga ini ramai jadi perbincangan hangat di republik kita ini. orang burok bukanlah misteri melainkan permainan rakyat semata.

nah sampai disini dulu gan besok2 kita tambah cerita tentang orang burok...ok

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel ini.ketik kritik dan saran anda