Tuesday, February 14, 2012

Keefektifan guru pembimbing dalam melakukan konseling individu


1.   Keefektifan guru pembimbing dalam melakukan konseling individu
Bimbingan dan konseling sangat penting diberikan, jika tidak maka dapat berdampak negatif pada aktivitas belajar yang dilakukan di sekolah. Hal ini dikarenakan bahwa dalam melakukan aktivitas belajar, siswa sudah barang tentu akan dihadapakan pada masalah-masalah yang dapat menghambat pelaksanaan aktifitas belajar siswa. Dengan adanya hambatan ini maka bisa akan mempengaruhi terhadap prestasi belajar siswa.
Siswa yang belajar pada tingkat madrasah Tsanawiyah tentunya ditinjau dari segi usia adalah masih berada pada rentang usia yang masih mengalami kelabilan diri, sehingga mudah sekali terpengaruh oleh factor-faktor dari luar maupun dari dalam dirinya. Faktor ini dapat menyebabkan siswa kurang mampu dalam mengendalikan dirinya sehingga menjadi masalah, terutama adalah siswa menghadapi masalah dalam belajarnya. Akibatnya adalah siswa akan terganggu dan menurunkan tingkat keberhasilan dalam belajar.
Masalah belajar yang dialami oleh siswa tentu tidak dapat dibiarkan begitu saja, maka perlu dilakukan bimbingan dan konseling terutama bimbingan yang membantu siswa agar benar-benar memiliki kemampuan dalam menghadapi masalah dan dan mengatasi masalah yang dialaminya. Untuk itu bimbingan dan konseling diberikan kepada siswa adalah dalam upaya membantu siswa sehingga memiliki keyakinan diri agar lebih mampu mengatasi masalah yang dihadapi.SILAHKAN KLIK DISINI

No comments:

Post a Comment

Terimakasih telah membaca artikel ini.ketik kritik dan saran anda